Lampung Waspadai Pengaruh Perang Dagang AS-Tiongkok | Liputan 24 Lampung
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Lampung Waspadai Pengaruh Perang Dagang AS-Tiongkok

Posted by On 2:32 AM

Lampung Waspadai Pengaruh Perang Dagang AS-Tiongkok

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- Provinsi Lampung mewaspadai pengaruh perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang dapat mempengaruhi neraca perdagangan daerah khususnya pada penjualan barang-barang ekspor dikedua negara adidaya tersebut.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Lampung, Bambang Widjonarko menjelaskan negara tujuan utama ekspor Lampung adalah India, Tiongkok, dan AS. Sementara, dua diantaranya sedang mengalami situasi yang kurang harmonis dengan ditabungnya genderang perang dagang antara AS dan Tiongkok.


Terlebih, AS juga turut mengeluarkan kebijakan yang dapat mempengaruhi ekspor Indonesia. Atas kondisi tersebut, Lampung patut mewaspadai timbulnya efek negatif yang mempengaruhi tingkat perdagangan luar negeri dengan mulai mencari negara importir alternatif dan menambah volume ekspor dinegara yang sudah mengimpor.

"Kalau Lampung mau pertahankan nilai ekspornya, harus mencari negara baru sebagai alternatif, karena AS mengancam untuk membatasi ekspor Indonesia ke Amerika, seperti ke Uni Eropa dan Asean. Untuk di Eropa ada Estonia yang bisa menjadi prospek bagus," kata Bambang.

Selain itu, lanjutnya, menguatnya nilai tukar rupiah atas dollar AS memiliki pengaruh signifikan terhadap harga barang importir. Khususnya pada bahan makanan dan bahan baku penolong yang berdampak pada harga produk yang dihasilkan.

"Contohnya pakan ternak akan mempengaruhi harga teluk dan ayam ternak yang beberapa pekan terakhir sudah terjadi. Namun, efek baiknya bagi barang ekspor mendapatkan keuntungan yang tinggi dari nilai jual yang tinggi," ujarnya.

EDITOR

Winarko

TAGS


KOMENTAR


Sumber: Berita Lampung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »